Breaking News

Ingin Bisnis Modal Minim, 5 Usaha Sampingan Sistem Online ini Bisa Jadi Solusinya




Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi, khususnya internet, telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai sendi kehidupan masyarakat. Salah satu perubahan itu terjadi pada bidang perekonomian, lebih khusus lagi menyangkut peluang usaha masyarakat. Tak bisa dihitung lagi, berapa banyak jenis usaha yang bisa tercipta dengan hadirnya teknologi internet selama ini, baik itu sebagai usaha pokok, lebih-lebih lagi sekedar usaha sampingan.

Kalau kita cermati, ada dua hal menarik terjadi dengan adanya kemajuan teknologi internet yang cukup pesat dewasa ini terhadap perkembangan dunia usaha. Pada satu sisi ada jenis usaha yang mati, ditinggal konsumennya karena tidak didukung oleh kemajuan teknologi tersebut. Sedangkan pada sisi lainnya terjadi sebaliknya, kemajuan teknilogi internet justru memunculkan banyak peluang bisnis baru yang cukup kreatif dengan mengandalkan sistem online.

Agaknya peluang usaha yang baru ini menarik banyak orang untuk ikut menjalankan. Apalagi bagi kaum muda yang identik dengan media sosial, tentu tidak sulit untuk memulai menjalankan bisnis kreatif ini, dengan memanfaatkan entah itu instagram, line, whatsapp, facebook, blog atau media sosial lainnya. Salah satu yang menarik dari usaha ini adalah dari segi permodalan, cukup dengan modal yang minim Anda sudah bisa menjalankan usaha.

Banyak dari kaum muda menjadikan peluang usaha yang baru ini sebagai usaha sampingan, tentu berbagai alasan bisa menjadi latar belakangnya, yakni antara lain : 


  • Menambah penghasilan, ketika penghasilan dari pekerjaan pokok pas-pasan, tentu usaha sampingan bisa jadi solusi yang tepat. Dengan usaha sampingan membuat Anda punya penghasilan tambahan untuk keperluan hidup.
  • Mengisi waktu luang, memiliki banyak waktu luang juga mendorong orang melakukan usaha sampingan. Apalagi sekarang sudah era digital. bisnis bisa dilakukan melalui internet.
  • Membuktikan kemampuan, ada alasan yang lebih besar dari sekedar uang, yaitu ingin membuktikan kemampuan pribadi di depan pihak lain, misalnya di hadapan keluarga besar.
  • Memperluas jaringan, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang baru di luar lingkup pekerjaan utama, misalnya dengan pelanggan baru, supplier baru, dan klien yang baru. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengasah kemampuan sosial dan komunikasi yang Anda miliki.
  • Menyalurkan hobi, usaha bisa dimulai dari hobi. Saat Anda melakukan sesuatu yang disukai, maka Anda tidak akan melihat pekerjaan atau bisnis yang dilakukan sebagai aktivitas yang membosankan.

Nah, sekarang bisnis apa saja yang bisa Anda lakukan memanfaatkan kemajuan teknologi internet? Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki. Berikut jenis usaha sistem online yang bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan, yaitu antara lain :

1. Bisnis Reseller

Bisnis satu ini sekarang lagi tren, menjadi primadona banyak orang. Jika tertarik dengan bisnis ini, Anda bisa bergabung bersama Evermos. Untuk menjadi reseller di platform ini cukup dengan modal yang kecil, bisnis usaha jelas dan praktis, bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, tanpa batasan ruang dan waktu, mempunyai risiko yang kecil dan yang terpenting komisinya jelas. Untuk promosi dan pemesanan Anda tinggal modal aplikasi handphone.

Peluang usaha ini terbuka luas untuk Anda di manapun berada, apapun profesi Anda sekarang, dari ibu rumah tangga, mahasiswa sampai pekerja kantoran. Tidak perlu repot stok barang, tidak perlu repot packing, Anda cuma perlu promosi. Dengan katalog yang telah tersedia di aplikasi Evermos, Anda bisa langsung memasarkan dan melakukan transaksi dengan konsumen. 

2. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis online affiliate marketing ini agak mirip dengan bisnis dropship namun ada beberapa perbedaan mendasar. Perbedaan mendasar antara dropship dengan affiliate marketing adalah pada teknologinya. Pada bisnis dropship, Anda sebagai dropshipper harus berkomunikasi dengan calon pembeli, biasanya via chatting, sedangkan pada bisnis affiliate, sebagai affiliate marketer Anda tidak harus berkomunikasi dengan calon pembeli, tapi cukup mempromosikan link khusus milik Anda. Bila terjadi pembelian melalui link Anda tersebut, maka Anda akan mendapat komisi.

3. Menulis artikel untuk media online

Kini, aktivitas menulis tidak lagi menjadi monopoli seorang jurnalis untuk keperluan media cetak. Di era teknologi digital yang berkembang pesat seperti sekarang ini, popularitas media online tidak terbendung lagi, sehingga membuka peluang bagi siapapun untuk turut serta dengan menyajikan tulisan artikel yang sesuai.

Jika Anda bisa menulis dengan baik, membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca serta tidak melanggar hak cipta, maka jasa Anda dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan dengan cara menjual tulisan melaui forum tempat berkumpulnya para blogger.

4. Membuat konten di YouTube

Kehadiran YouTube telah membuka sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan dan patut untuk dicoba. Apabila Anda memiliki video unik hasil karya sendiri, cobalah anda unggah pada situs YouTube hingga sampai berhasil mendapatkan banyak penonton. Dengan melimpahnya penonton, selayaknya media televisi, maka video anda bisa didaftarkan pada program periklanan yang akan dibayar oleh google.

5. Menjadi seorang blogger

Jika Anda berminat, kini banyak bertebaran di internet berbagai tutorial panduan tentang bagaimana cara memulai menjadi blogger hingga bisa menghasilkan uang. Sumber penghasilan seorang blogger bisa dari berbagai sumber, diantaranya dari iklan, program affiliasi, toko online, menjual jasa dan masih banyak lagi jika Anda telah mahir dan menguasai tentang cara mengolah website.

Nah, itulah beberapa bisnis online yang bisa Anda pilih sesuai minat dan bakat Anda. Tentu salah satu dari bisnis online tersebut cocok untuk Anda jalankan sebagai usaha sampingan. Bagaimana dengan Anda, siap menjalankan bisnis online? Selamat berbisnis online, semoga sukses!




Tidak ada komentar