Breaking News

Inilah 6 Produk Asuransi yang Penting dalam Kehidupan Anda Sehari-Hari



Kondisi sekarang, siapa yang tak kenal dengan yang namanya asuransi. Asuransi pasti sudah cukup familiar bagi Anda mengingat sekarang banyak penyedia jasa asuransi yang dengan gencar menawarkan layanannya dengan berbagai cara, baik melalui komunikasi langsung, bahkan door to door maupun secara online. Kini asuransi telah berkembang begitu pesat, produk asuransi pun makin beragam seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan manusia.

Makin berkembangnya asuransi mendorong berdirinya banyak perusahaan yang menyediakan jasa layanan satu ini. Penawaran asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi pun makin gencar menyasar masyarakat untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Mungkin, Anda termasuk salah satu orang yang sering mendapatkan penawaran asuransi tersebut, kan?

Nah, untuk Anda yang tertarik membuat asuransi, alangkah baiknya ketahui dulu pengertian dari asuransi itu sendiri. Secara singkat, pengertian asuransi menurut OJK merupakan perjanjian antara penyedia jasa dengan masyarakat, di mana penyedia jasa memberikan tanggungan jika terjadi kerusakan, kehilangan, kematian dan lain-lain sesuai dengan jenis asuransinya. Premi hanya akan diberikan jika terjadi sesuatu yang tak terduga.

Sebenarnya, produk asuransi yang ada di Indonesia sangat banyak bentuknya, karena jenis pekerjaan yang ada di Indonesia juga beragam. Anda bisa cari asuransi sesuai latar belakang pekerjaan dan kebutuhan Anda. Perlu dipikir dan pertimbangan secara masak sebelumnya, sehingga asuransi yang Anda putuskan untuk diambil benar-benar sebagai asuransi bagus bagi Anda dan keluarga.

Berikut beberapa jenis asuransi yang sudah biasa dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Semoga bisa membantu Anda untuk menentukan pilihan ketika mendapatkan penawaran jasa asuransi.

1. Asuransi jiwa

Asuransi yang satu ini biasanya digunakan sebagai langkah antisipasi manakala pihak yang didaftarkan meninggal dunia. Pihak penerima manfaat biasanya keluarga yang ditanggung peserta asuransi dan nama yang diasuransikan bisa diri sendiri maupun pihak ketiga.

Pihak yang didaftarkan sebagai peserta asuransi pun bisa beberapa pihak, antara lain suami yang memiliki tanggungan anak dan istri, kemudian anak yang memiliki tanggungan orang tua di mana orang tuanya ini tidak ada orang lain yang merawat, ataupun single parent dengan banyak tanggungan anak.

2. Asuransi kesehatan

Produk asuransi ini adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Perlu diketahui bahwa manfaat yang diberikan asuransi ini sangat besar mengingat setiap individu tidak bisa terlepas dari risiko gangguan kesehatan pada waktu yang tak terduga.

Asuransi ini akan memberikan pembiayaan manakala pihak peserta asuransi atau nasabah mengalami jatuh sakit, kecelakaan, cidera, atau kondisi sejenisnya yang mengharuskan mendapatkan perawatan. Penyedia jasa akan menanggung keperluan biaya sesuai dengan kontrak yang telah menjadi kesepakatan bersama.

3. Asuransi pendidikan

Asuransi ini menjadi sangat penting untuk perencanaan dan antisipasi terhadap kondisi ekonomi yang tidak menentu pada diri seseorang. Tidak ada jaminan kondisi ekonomi Anda akan selalu pada posisi yang menguntungkan, sedangkan di pihak lain pendidikan anak merupakan hal yang tak bisa dikesampingkan. Jika Anda memilih memanfaatkan asuransi pendidikan anak terbaik, maka biaya pendidikan anak pun akan terpenuhi sampai jenjang perguruan tinggi.

4. Asuransi rumah dan kepemilikan barang

Rumah, gedung, dan barang berharga merupakan aset yang sangat penting. Namun, tidak ada jaminan bebas dari musibah kebakaran, pencurian, kerusakan, sampai bencana alam. Maka, jika Anda ingin mendapatkan perlindungan atas rumah dan barang, Anda bisa memilih asuransi jenis ini. Asuransi satu ini melindungi Anda dari kehilangan permanen atas barang-barang yang Anda miliki.

5. Asuransi perusahaan atau bisnis

Bagi Anda yang memiliki bisnis baik kecil maupun besar, alangkah baiknya segera mengurus asuransinya. Hal ini diperlukan untuk melindungi aset berharga dari risiko musibah kebakaran, kerusakan, kehilangan, dan kondisi yang tidak terduga lainnya. Jika usaha Anda tanpa asuransi, maka peluang kerugian yang akan Anda alami akan semakin besar.

6. Asuransi mobil (kendaraan)

Bagi Anda yang memiliki mobil atau kendaraan lainnya, tentu asuransi ini perlu dipikirkan jika ingin merasa lebih tenang. Pertimbangannya, Anda perlu menyadari jika kondisi gangguan keamanan kini semakin meningkat. Manfaat asuransi mobil dan kendaraan lainnya akan diberikan manakala terjadi kejadian tak terduga atas kendaraan yang Anda miliki. Misalnya saja: terjadi pencurian, kecelakaan, kerusakan, dan lain sebagainya yang mengakibatkan kerugian atas kendaraan yang diasuransikan.

Demikian beberapa jenis asuransi yang paling banyak diketahui dan dimanfaatkan masyarakat di Indonesia. Siapkan selalu diri Anda untuk selalu melakukan antisipasi baik menggunakan asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar